Halaman

Senin, 24 September 2012

PEMBINAAN GURU TKQ/TPQ KOTA MEDAN TAHUN 2012


PEMBINAAN GURU TKQ/TPQ SE – KOTA MEDAN TAHUN 2012


Humas Kemenag Medan (Rabu, 19/9).

Beranjak dari tema “Melalui Pembinaan Guru TKQ dan TPQ, Kita Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Pengajar di TKQ dan TPQ,” Seksi Pekapontren dan Penamas Kantor Kementerian Agama Kota Medan melaksanakan  Pembinaan Guru TKQ/TPQ Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Medan Tahun 2012.
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kota Medan Negara Pohan, SE secara resmi membuka acara Pembinaan Guru TKQ/TPQ Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Medan Tahun 2012 ini pada hari Rabu, tanggal 19 September 2012 di Aula Kantor Kementerian Kota Medan Jl. Sei Batu Gingging No. 12 Medan.
Negara Pohan, SE mengatakan bahwa adanya perkembangan metode baca Al-Qur’an. “Dahulu saya belajar baca aksara Al-Qur’an dengan alif-alif. Kemudian dari alif-alif muncul pula Iqra’, dan kemudian muncul metode yang baru sebagaimana yang akan diajarkan oleh narasumber kita nanti, yaitu Anbata,” jelasnya.  
Guru-guru TKQ/TPQ memiliki peran yang sangat luar biasa dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an. Sebab kata beliau, anak-anak yang belum sama sekali kenal huruf hijaiyah di TKQ dan TPQ mereka diajari sampai mahir membaca dengan baik dan benar.
Kita harus mendukung sepenuhya Gerakan Magrib Mengaji yang dicanangkan oleh Menteri Agama RI Surya Dharma Ali, dengan mengajarkan Al-Qur’an kepada generasi muda Islam lewat lembaga pendidikan TKQ/TPQ ini, tandasnya.
Pada kesempatan sebelumnya Kasi Pekapontren dan Penamas Abdul Manan, MA melaporkan jumlah lembaga TKQ/TPQ yang berada di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kota Medan sebanyak 185 lembaga dengan jumlah guru tenaga pendidik 950 orang.
Tujuan dari kegiatan ini diharapkan untuk meningkatkan kemampuan para guru-guru TKQ/TPQ se-Kota Medan dalam menguasai metode mengajarkan cepat baca Al-Qur’an. Dan juga meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’annya sendiri. 
Dalam laporan panitia, Susilawati MS, S.Ag mengatakan peserta berjumlah 30 orang, dan nara sumber yang mengisi kegiatan ini adalah Suawardi Restu, S.Ag. dengan materi Pelatihan Cepat Baca Al-Qur’an dengan Metode Anbata, dan Hj. Fatmah, S.Ag dengan materi Keutamaan dan Etika Guru. (AS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar